Tuesday, March 29, 2016

Pratikum 4 - Camera Depth, Multi Pass Render, Dan Compositing Using AE

1.       Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2.       Alat
·      Maxon Cinema 4D R17
·      Adobe After Effects CC 2015

3.       Bahan
hasil praktikum sebelumnya



4.       Dasar Teori
Dalam melakukan praktikum ini kita memerlukan beberapa bagian dari cinema 4D seperti:
§  Camera Depth: Depth (kedalaman) merupakan suatu sifat ketajaman sebua gambar. berbeda dengan kedalaman laut atau kedalaman suatu lembah. Depth pada kamera merupakan suatu ketajaman object yang ingin dibidik oleh kamera. Depth ini hanya dapat dibagi menjadi 2 sifat lagi, yaitu kedalaman yang lebar dan kedalaman yang sempit. Sempit dan lebarnya Depth ini mengacu pada ketajaman dan fokus pada objek di sebuah gambar. jika pada foto tersebut mengalami depth yang lebar, maka akan menghasilkan gambar seperti ini
PICT0235_md

dan kita akan menyebut kedalaman yang sempit jika gambar tersebut seperti yang dibawah ini
PICT0236_md

§  Multi Pass Rendering: 
§  Depth of Field : 
§  Compositing: 

5.       Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
§  Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
§  Import masing-masing image sequences ke AE.
§  Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

6.       Hasil Praktikum



7.       Kesimpulan

Untuk proses multi pass rendering saya merasa belum mendapat kesulitan. Namun pada saat ini, saya belum memulai import hasil gambar ke after effect.

8.       Referensi

Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

No comments:

Post a Comment