Praktikum – 01. Membuat Object Logo 3D 360o (Turn
Table Animation)
1. Tujuan
Tujuan dari
pratikum pertama Animasi 3D ini adalah suatu pengenalan pertama kami dengan
pembuatan animasi 3D. Selain itu pratikum ini juga bertujuan untuk memberikan
kami suatu ilmu dasar untuk membuat animasi 3D.
2. Alat
- Adobe Illustrator cc
- Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
Logo yang
saya gunakan untuk merealisasikan pratikum ini adalah logo dari NVIDIA
4. Dasar Teori
- Perbedaan Animasi 2D dan 3D
Dari pratikum yang saya
lakukan ini saya dapat memahami bahwa perbedaan dari Animasi 2D dan 3D adalah
pada dimension atau dimensinya. Jika pada suatu pelajaran matematika kita biasa
mengenal sumbu x dan y, ya itulah yang
ada pada animasi 2D yang hanya terdapat komponen 2 sumbu X dan sumbu Y saja. Sedangkan
dari Animasi 3D dari kedua sumbu tersebut terdapat tambahan 1 sumbu lagi yang
biasa kita sebut dengan sumbu Z. Itulah yang membuat perbedaan dari kedua jenis
Animasi tersebut. Selain itu Animasi 3D juga memberikan suatu efek yang real.
- Apa itu Tracing?
Yap, tracing merupakan
suatu mirroring atau menggambar ulang suatu object dari sisi bagian outline
saja. Dengan kata lain mengeblat gambar aslinya. Dan pada kali ini tracing saya
menggunakan software adobe illustrator.
-Apa perbedaan membuat animasi 2D diflash dengan 3D di C4D?
Perbedaan yang saya
rasakan adalah sebagai berikut
- Dari dimensi jelas sudah berbeda
- Di C4D kita dapat langsung membuat object tracing 2
dimensi menjadi 3 dimensi secara langsung dengan tool Extrude, sedangkan pada adobe flash atau pengolah 2D lainya kita harus memberikan suatu efek grading warna, bevel, dan lain - lain.
- Tidak perlu membuat frame by frame seperti di Flash
- Kita bisa mengatur cahaya, pantulan cahaya, dan refleksi objek secara
bebas pada C4D
5.
Tugas Pratikum
-
Buatlah Animasi
logo 360o favorit kalian
6.
Hasil Pratikum
7.
Kesimpulan
Dari
pratikum kali ini, saya dapat mendapat satu kesimpulan bahwa membuat animasi 3D
lebih mengasyikan dan tergolong mudah. Selain itu dapat memberikan efek suatu
pantulan cahaya yang real. Berbeda sekali dengan saat pembuatan Animasi 2D di
flash.
8.
Refrensi
No comments:
Post a Comment