1. Tujuan
Praktikum
ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik
dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
Pada
pratikum yang ke 8 ini, kita akan melakukan percobaan untuk membuat objek 3D
seperti biasanya. Bagian yang membedakan pratikum kali ini dengan sebelumny
adalah kita akan memberikan efek seperti Lampu Stadion pada objek 3D tersebut. Bagaimana
caranya ? cara yang kita gunakan bukan terlalu banyak mengotak atik objek 3D
nya, tetapi kita akan bermain banyak pada Materialnya
Yang
pertama kita lakukan untuk membuat material tersebut adalah melakukan setting
pada Bump Map. Disini merupakan teknik untuk memberikan benjolan atau kerutan
seperti tekstur untuk membuat objek material terlihat seperti nyata dan tidak
kaku. Selanjutnya kita juga menggunakan Channel Color. Channel Color disini
berfungsi untuk mengatur warna dasar pada material sesuai yang kita inginkan
tanpa terpengaruh pada pencahayaan.
Selain
menggunakan Channel Color kita juga masih menggunakan channel-channel lain
seperti channel reflectance. Channel Reflection ini berfungsi untuk memberikan
refleksi dari material terhadap objek yang ada di sekitarnya. Dan yang terakhir
kita menggunakan channel luminance. Channel Luminance disini berfungsi untuk
memungkinkan kita menngatur material yang dapat terlihat meskipun tidak ada
satupun sumber cahaya karena material ini dapat memancarkan cahaya sendiri.
Textures
circles berfungsi untuk memberikan tekstur bulat atau seperti lingkaran yang
menjadikan objek yang kita buat terlihat timbul timbul bulat kecil kecil yang
bisa kita atur dan sesuaikan sendiri ukurannya.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang
diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu
stadion
7. Hasil Pratikum
8. Kesimpulan
Dengan adanya praktikum
kali ini saya menjadi mengetahui bagaimana cara membuat efek seperti lampu
stadion yang menyala. Disini saya belum menemukan kesulitan apapun. Saya juga
mengetahui bagaimana cara memberikan efek seperti tekstur kerutan dan
sebagainya sehingga objek yang saya buat menjadi terlihat seperti nyata
9. Refrensi
http://www.mohhasbias.com/
No comments:
Post a Comment